Rabu, 25 November 2009

Di Balik Kisah-Kisah Hacker Legendaris


Judul Buku: Di Balik Kisah-Kisah Hacker Legendaris
ISBN : 978-979-794-044-7
Pengarang : Wicak Hidayat dan Yayan Sopyan
Penerbit : Mediakita
Tahun Terbit : 2007
Tebal Buku : 143
Harga Buku : Rp. 19.500,00



Wicak Hidayat, pria yang lahir di Depok, 28 April 1980 ini dikenal juga dengan nama samaran Sihir Hujan di dunia maya. Ini sesuai dengan e-mailnya, sihirhujan@yahoo.com. Penggemar komputer dan sastra ini mengagumi kreativitas dari para hacker, baik di bidang komputer maupun di bidang lain. Ia memantau dan melaporkan secara rinci persidangan hacker situs KPU, Dani Firmansyah dalam Pemilu 2004 untuk situs berita www.detikinet.com. Wicak menetap di area Depok bersama istrinya, Hesti Pratiwiafwiani, dan putri pertamanya Raissalma Sabarni Hidayat. Bukunya yang telah terbit adalah “Mengamankan Komputer dari Spyware” (mediakita, 2007). Selain itu karyanya termuat dalam “Antrologi Puisi Bunga Matahari” (Avatar Press, 2005), antologi cerpen dan flash fiction “Biarkan Aku Mencintaimu dalam Sunyi: E-mail Terbuka Seorang Selingkuhan” (Gradien, 2006) serta kumpulan cerpen “Lok Tong” (CWI, 2006).

Yayang Sopyan, tidak mau disebut orang serba bisa, meskipun banyak tulisan dan gagasannya memeperlihatkan kemampuan dan minatnya di beberapa macam bidang. Mulai dari teknologi informasi, sosial politik, pendidikan, bahkan sastra dan filsafat. “Kebetulan saja, saya tergolong orang yang punya rasa penasaran mengenai banyak hal dan mau mempelajarinya,” ujar alumni Universitas Gajah Mada Yogyakarta itu.
“Kadang-kadang,” lanjut lelaki ini, “banyak urusan itu hanya soal kesabaran dan sedikit logika saja.” Tidak ada yang mustahil untuk dipelajari. Panduan di buku ini akan membuktikannya. Sementara cukup banyak orang yang mengira bahwa hanya orang-orang istimewa saja yang akan mampus menggunakan komputer, buku ini malah memperlihatkan bahwa siapa pun bisa menggunakan komputer sesui dengan kebutuhannya. Tidak sesulit yang dibayangkan orang.

Buku ini menceritakan hacker legendaris yang melakukan kejahatan luar biasa di dunia per komputeran, dari Linus Torvalds, Robbert Tappan Morris hingga Kevin Mitnick. Dimana setiap kisahnya diceritakan, disertai dengan perkembangan-perkembangan yang terjadi ketika pada jaman tersebut. Sehingga pembaca setidaknya dapat mengetahui secara tidak langsung apa saja yang sudah dilakukakan oleh para hacker terkenal tersebut.

Keterbatasan halaman dalam buku ini merupakan kendala utama dalam menjelaskan semua kisah hacker yang lebih mendetail lagi, dengan hanya 143 halaman pembaca diberikan sajian dengan sesingkat mungkin dari kisah para hacker tersebut. Sehingga cerita yang seharusnya dapat lebih menarik lagi terhalang dengan keterbatasan halaman tersebut dan berkesan lebih setengah-setengah dalam memberikan suatu kisah para hacker terkenal itu.

2 komentar :

Marthin mengatakan...

Thanks Gan Bisa Jadi Referensi Di Blog Ane

http://indobookrak.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

thanks ea gan

Posting Komentar

Give hug to kuroi =.=v